Perangkat Keras (Hardware)
Perangkat keras atau dalam istilah komputernya disebut hardware merupakan benda
konkrit yang dapat disentuh dan dilihat. Hardware digunakan untuk memasukkan data dan biasa disebut input. seperti keyboard, mouse, toch screen, scanner,print, dan lain-lain.
Alat Masukan
Alat input (alat masukan) adalah alat yang digunakan untuk menerima input atau
masukan. Input tersebut merupakan energi yang dimasukkan ke sistem.
Input terbagi menjadi :
1. Signal Input : energi yang akan diolah oleh sistem, yaitu data yang dimasukkan
ke sistem komputer
2. Maintanace Input : energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input,
dalam sistem komputer boleh dikatakan maintenance input adalah program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan
Alat masukan yang secara umum banyak digunakan di antaranya :
Alat input (alat masukan) adalah alat yang digunakan untuk menerima input atau
masukan. Input tersebut merupakan energi yang dimasukkan ke sistem.
Input terbagi menjadi :
1. Signal Input : energi yang akan diolah oleh sistem, yaitu data yang dimasukkan
ke sistem komputer
2. Maintanace Input : energi yang akan digunakan untuk mengolah signal input,
dalam sistem komputer boleh dikatakan maintenance input adalah program yang
digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan
Alat masukan yang secara umum banyak digunakan di antaranya :
Keyboard
Keyboard (papan ketik) merupakan alat input yang umumnya paling banyak
digunakan sebagai alat masukan. Keyboard disebut juga alat input langsung. Input
yang dimasukkan ke alat proses degan mengetikkan lewat penekanan tombol yang
ada di keyboard tersebut
Keyboard (papan ketik) merupakan alat input yang umumnya paling banyak
digunakan sebagai alat masukan. Keyboard disebut juga alat input langsung. Input
yang dimasukkan ke alat proses degan mengetikkan lewat penekanan tombol yang
ada di keyboard tersebut
2. Mouse
Mouse termasuk pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi kursor di
layar. Penggunaannya dengan menggeser-geser pada permukaan datar, kursor di
layar akan bergeser sesuai dengan arah pergeseran mouse.
Mouse termasuk pointing device yang digunakan untuk mengatur posisi kursor di
layar. Penggunaannya dengan menggeser-geser pada permukaan datar, kursor di
layar akan bergeser sesuai dengan arah pergeseran mouse.
3. Touch Screen
Touch Screen atau layar sentuh merupakan loayar monitor yang akan
mengaktifkan program bila bagian tertentu di layar disentuh dengan tangan.
Contoh mudahnya pada layar monitor ATM, saat kartu ATM di masukkan dan
pemasukkan PIN berhasil, biasanya terdapat beberapa menu yang jika disentuh
dengan tangan akan menampilkan menu atau pilihan yang lainnya.
4. Light Pen
Light Pen digunakan untuk mengatur suatu titik di layar dan komputer akan
membaca lokasi tersebut. Jika pada layar sentuh yang digunakan adalah tangan,
maka pada light pen menyentuh posisi di layar dengan menggunakan pen. Alat ini
sangat berguna untuk menentukan keakuratan posisi sentuhan di layar.
5. Scanner
Alat input ini bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan
dibaca. Alat input scanner dapat berupa Magnetik Ink Character recognition
(MIRC) dan Optical Data
Touch Screen atau layar sentuh merupakan loayar monitor yang akan
mengaktifkan program bila bagian tertentu di layar disentuh dengan tangan.
Contoh mudahnya pada layar monitor ATM, saat kartu ATM di masukkan dan
pemasukkan PIN berhasil, biasanya terdapat beberapa menu yang jika disentuh
dengan tangan akan menampilkan menu atau pilihan yang lainnya.
4. Light Pen
Light Pen digunakan untuk mengatur suatu titik di layar dan komputer akan
membaca lokasi tersebut. Jika pada layar sentuh yang digunakan adalah tangan,
maka pada light pen menyentuh posisi di layar dengan menggunakan pen. Alat ini
sangat berguna untuk menentukan keakuratan posisi sentuhan di layar.
5. Scanner
Alat input ini bekerja dengan cara meraba secara elektronik input yang akan
dibaca. Alat input scanner dapat berupa Magnetik Ink Character recognition
(MIRC) dan Optical Data
Alat Pemproses
Alat pemproses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah
data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya nanti akan ditampilkan di alat
output.
Alat pemprosesan terdiri dari :
1. CPU (Central prossing Unit)
CPU (Central Prosessing Unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi- instruksi
program. Pada komputer mikro, prosessor ini disebut dengan micro prosessor.
CPU terbagi lagi menjadi :
· Control Unit
Materi Pelajaran belajar-gratis.com
Tekhnologi Informasi & Komunikasi
Pada bagian ini prosessor berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua
peralatan yang ada pada komputer. Tugas-tugasnya antara lain :
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2. Mengambil instruksi- instruksi dari main memory
3. mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses
4. Mengirim instruksi ke Arithmatic and Logic Unit bila ada perhitungan
arithmatika dan perbandingan logika serta mengawasi Arithmatic and
Logic Unit
5. menyimpan hasil proses ke main memory
· Arithmatic And Logic Unit
Arithmatic and Logic Unit mempunyai dua tugas yaitu melakukan semua
perhitungan arithmatika dan sebagai pengambil keputusan dari operasi logika
sesuai dengan instruksi program. Selai itu ALU juga bertugas dalam
melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.
· Register
Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi. Bila
dibandingkan dengan main memory, register memiliki kecepatan 5 sampai 10
kali lebih cepat dalam melakukan perekaman atau pengambilan data.
Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses
oleh CPU, sedang instruksi- instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran
untuk diproses masih disimpan di main memory
2. Main Memory
Memori utama terbagi menjadi :
· RAM
Primary memory atau disebut dengan RAM (Random Access Memory),
merupakan memori yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer
RAM memiliki 4 bagian yaitu :
Alat pemproses adalah alat dimana instruksi-instruksi program diproses untuk mengolah
data yang sudah dimasukkan lewat alat input dan hasilnya nanti akan ditampilkan di alat
output.
Alat pemprosesan terdiri dari :
1. CPU (Central prossing Unit)
CPU (Central Prosessing Unit) merupakan tempat pemrosesan instruksi- instruksi
program. Pada komputer mikro, prosessor ini disebut dengan micro prosessor.
CPU terbagi lagi menjadi :
· Control Unit
Materi Pelajaran belajar-gratis.com
Tekhnologi Informasi & Komunikasi
Pada bagian ini prosessor berfungsi sebagai pengatur dan pengendali semua
peralatan yang ada pada komputer. Tugas-tugasnya antara lain :
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output
2. Mengambil instruksi- instruksi dari main memory
3. mengambil data dari main memory jika diperlukan oleh proses
4. Mengirim instruksi ke Arithmatic and Logic Unit bila ada perhitungan
arithmatika dan perbandingan logika serta mengawasi Arithmatic and
Logic Unit
5. menyimpan hasil proses ke main memory
· Arithmatic And Logic Unit
Arithmatic and Logic Unit mempunyai dua tugas yaitu melakukan semua
perhitungan arithmatika dan sebagai pengambil keputusan dari operasi logika
sesuai dengan instruksi program. Selai itu ALU juga bertugas dalam
melakukan keputusan dari operasi logika sesuai dengan instruksi program.
· Register
Register merupakan simpanan kecil yang mempunyai kecepatan tinggi. Bila
dibandingkan dengan main memory, register memiliki kecepatan 5 sampai 10
kali lebih cepat dalam melakukan perekaman atau pengambilan data.
Register digunakan untuk menyimpan instruksi dan data yang sedang diproses
oleh CPU, sedang instruksi- instruksi dan data lainnya yang menunggu giliran
untuk diproses masih disimpan di main memory
2. Main Memory
Memori utama terbagi menjadi :
· RAM
Primary memory atau disebut dengan RAM (Random Access Memory),
merupakan memori yang dapat diisi dan diambil isinya oleh programmer
RAM memiliki 4 bagian yaitu :
1. Input Storage, digunakan untuk menampung input yang dimasukkan lewat
alat input
2. program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi- instruksi
program yang diproses
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan
hasil dari olahan
4. Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan
data yang akan ditampilkan ke alat output.
RAM bersifat Volatil artinya informasi hanya ada pada saat komputer bekerja,
jika komputer dimatikan, maka informasi yang disimpan akan hilang.
alat input
2. program Storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi- instruksi
program yang diproses
3. Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan diolah dan
hasil dari olahan
4. Output Storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari pengolahan
data yang akan ditampilkan ke alat output.
RAM bersifat Volatil artinya informasi hanya ada pada saat komputer bekerja,
jika komputer dimatikan, maka informasi yang disimpan akan hilang.
0 komentar :
Post a Comment